Sunday, April 20, 2008

Plastik Ramah Lingkungan/ Bio-degradable Plastic Bag

Oleh : Giacinta Hanna




Selama ini kita dianjurkan membatasi penggunaan plastik untuk membawa makanan ataupun untuk membungkus sesuatu karena pastik baru bisa terurai selama 500 - 1000 tahun, dan akan menjadi sampah yang harus didaur ulang, agar tidak menggunung.

Kini, sudah ada alternatif pemecahan masalah yaitu menggunakan "Plastik Ramah Lingkungan". Di Green Festival dijelaskan mengenai hal ini. Plastik ini dianjurkan untuk dipakai karena mudah terurai. Dibuat dari campuran tepung singkong (maizena) dan hanya membutuhkan waktu enam bulan sampai lima tahun agar terurai.

Jadi kita dianjurkan untuk menggunakan plastik ini untuk membuang sampah organik yang akan dibuang ke TPA (Misalnya tulang, makanan basi, kulit buah yang keras, dll).

Yah, semoga permasalahan sampah ini bisa terpecahkan agar lingkungan hidup kita menjadi lebih bersih dan sehat.

1 comment:

Rosa said...

helo mbak Hanna!!
Sehari sebelum GreenFest, salah satu ibu komisaris kantorku bikin pengumuman, apabila ada anak karyawan yang membuat karya tulis sepulang berkunjung ke GreenFest akan diberi hadiah.
Ternyata, walaupun in such a short notice, ada 3 anak karyawan yang mengumpulkan karangannya. Tebak, siapa yg disuruh jadi juri? hehehe
Disalah satu karangan ada yg menulis ttg kantung plastik biodegradable ini. Krn saat GreenFest aku nggak bisa mendekati bacaan keterangan ttg kantung ini saking ramenya, aku googling deh, utk cari infonya. Ternyata, result yg paling atas adalah dari blognya mbak Hanna ini! Surprise! Thanks infonya ya... Rosa - kelas menulis ;-)