Thursday, September 20, 2007

Khasiat Tepung Sari Bunga














Pendahuluan

Meskipun kita menjumpai begitu banyak jenis bunga, namun ada beberapa kesamaan. Pada umumnya bunga sempurna terdiri dari 4 organ yaitu kelopak bunga, mahkota
bunga, putik dan benang sari.
Mahkota bunga dan kelopak bunga berperan sebagai pelindung organ reproduksi (putik dan benang sari).

Dalam suatu penelitian membuktikan bahwa dalam serbuk sari yang biasa disebut tepung sari bunga ternyata mengandung lebih dari 200 macam zat gizi yang diperlukan bagi tubuh kita untuk mencapai kesehatan yang prima.

Apa Itu Tepung Sari Bunga ?














Putik adalah alat kelamin betina dan Benang Sari adalah alat kelamin jantan pada bunga.
Putik terdiri dari kepala putik(stigma), tangkai putik, bakal buah dan bakal biji. Benang sari (stamen) terdiri dari serbuk sari dan tangkai sari.


Dalam ilmu botanical, serbuk sari yang biasanya juga disebut sebagai tepung sari bunga adalah unsur yang berasal dari alat kelamin jantan pada bunga. Bentuknya seperti tepung atau butiran-butiran kecil yang mengitari stigma. Ukurannya 1/1000 sampai dengan 15/1000 mm. Dan jika bersatu dengan bakal putik terjadilah pembuahan. Dari proses ini diketahui bahwa tepung sari bunga adalah suatu yang memiliki daya kehidupan.








Dalam waktu 48 jam, serbuk sari dapat tumbuh besar kira-kira 100.000 kali lipat dari ukuran semula. Hal ini merupakan daya pertumbuhan yang paling hebat dan menakjubkan yang terdapat di alam raya. 3)

Tepung sari bunga mengandung 200 macam zat gizi. Oleh sebab itu biasanya disebut : “Makanan Alami yang Paling Sempurna”. Tepung sari bunga mengandung zat makanan yang lengkap dan seimbang, memiliki nilai terapi serta nutrisi aktif yang mudah diserap oleh tubuh. Dan mempunyai daya penyembuhan yang luar biasa.

Sudah sejak jaman dahulu kala tepung sari bunga dipergunakan untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan tubuh serta keseimbangan gizi yang sangat diperlukan bagi kesehatan yang prima.

Kandungan Nutrisi Tepung Sari Bunga

Nutrisi yang terdapat pada tepung sari bunga meliputi :

1. Protein, dengan total protein 7 – 10 kali lipat lebih tinggi daripada daging sapi atau telur
2. 21 macam asam amino
3. Karbohidrat
4. Polisakarida
5. 16 macam vitamin, mengandung provitamin A 20 – 30 kali lipat lebih tinggi daripada wortel
6. 16 macam mineral, dengan kadar zat besi 20 kali lipat lebih banyak daripada sayur bayam
7. 28 macam asam nukleat
8. Serta nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh

Tepung sari bunga adalah bahan mentah dari madu lebah (royal jelly), yang dihasilkan oleh lebah setelah memakan serbuk sari sehingga kadar nutrisi serbuk sari lebih tinggi 7 – 10 kali lipat daripada madu lebah (royal jelly).

Manfaat Tepung Sari Bunga

1. Membersihkan darah
2. Mengaktifkan daya pertahanan tubuh alamiah
3. Menetralkan racun dan mempercepat proses pembuangan racun
4. Melindungi dan memperbaiki sel tubuh
5. Memperbaiki metabolisme tubuh
6. Menyeimbangkan hormon

Cara Mengkonsumsi Tepung Sari Bunga

Untuk memutuskan menggunakan tepung sari bunga sebagai makanan tambahan ataupun sebagai obat alami, ada hal penting yang perlu diketahui yaitu tepung sari bunga dari setiap species adalah berbeda. Tidak ada tepung sari bunga dari setiap species mempunyai kandungan yang sama. Jadi, tepung sari bunga lebih bermanfaat apabila berasal dari beberapa jenis species, sehingga khasiatnya lebih beragam. Logikanya adalah bahwa tepung sari bunga dari suatu negara atau habitat ekologi tertentu selalu berbeda satu dengan yang lainnya.

Jika kita mengkonsumsi tepung sari bunga yang langsung dipetik dari kebun, bagi yang sensitif akan
menimbulkan alergi. Alergi itu berasal dari kulit tepung sari bunga. Juga kebersihannya kurang terjamin.

Dengan berkembangnya teknologi, kini tepung sari bunga itu dapat dipecah kulitnya sehingga hanya sari pati yang mempunyai kadar gizi yang sangat tinggi yang kita konsumsi dan tidak lagi menimbulkan alergi. Dalam pengolahannya, menggunakan teknologi canggih sehingga tepung sari bunga dapat dikumpulkan dengan cepat, banyak dan kebersihannya terjamin.

Begitu besar manfaat tepung sari bunga untuk kesehatan kita. Sudah saatnya mulai sekarang kita meningkatkan kwalitas hidup kita. Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati penyakit. Apabila sudah sakit, sebaiknya kita memilih obat alami yang tanpa efek samping agar terhindar dari komplikasi dalam tubuh kita.

Saat ini telah tersedia produk jadi dengan bahan alami tepung sari bunga, salah satunya adalah Spartan.















SPARTAN - Natural Pollen Powder
Mengurangi beban kerja liver dan mengatasi masalah infeksi tenggorokan.Tepung sari bunga Spartan terbuat dari serbuk sari buah-buahan bergizi yaitu prem, lokuat, jeruk, persik ditambah glukosa, asam sitrat, dan 25%-nya terdiri dari tepung sari bunga yang sangat bermanfaat sebagai nutrisi tambahan. Spartan bermanfaat untuk mengurangi beban kerja hati dan pencegahan berbagai penyakit. Bentuknya bubuk dan mudah larut dalam air.Bahan baku utamanya 20 jenis tepung sari bunga prem, persik, jeruk dan lokuat yang diolah menjadi bubuk, sehingga Spartan sangat mudah larut dalam air dan bermanfaat secara optimal.


Anak kedua saya yang mempunyai tonsil/amandel cukup besar sering mengalami peradangan dan demam tinggi. Setelah mengkonsumsi Spartan 3bungkus/hr dalam bentuk serbuk (tidak dicairkan) selama satu bulan tonsilnya mulai jarang meradang. Untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap prima, sampai saat ini masih mengkonsumsi Spartan 1 bungkus/hari.
Spartan menjadi healthy food andalan keluarga kami agar bisa bertahan dari gangguan penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri seperti batuk dan influensa. Anak-anak kami mengkonsumsi sayuran dengan sistem pilih-pilih. Dengan mengkonsumsi Spartan melancarkan buang air besar.

Terima kasih Spartan!



_______________________________________

1) FAO Corporate Document Repository
Agriculture Departement
2) Hidayat,Dodi,2004,Ensiklopedia Iptek Jilid 2,hal 107
3)Health Food Product Dept,Nature’s World Series, hal 11
4)http://www.kompak.co.id

No comments: