Monday, April 6, 2009

Rasa Kehilangan

Oleh : Giacinta Hanna

Tidak ada yang abadi di dunia ini. Suatu saat kita pasti akan merasakan ditinggalkan seseorang. Akan menjadi hal yang sangat menyakitkan jika rasa memiliki terlalu kuat membelenggu diri.

Dalam mencintai sesuatu ada suatu rasa yang datang bersamaan, yaitu rasa takut kehilangan sebab kita tidak ingin mengucapkan selamat tinggal. Kita tidak mampu menerima kenyataan bahwa orang yang kita cintai tidak bersama kita lagi.

Sadarilah bahwa apapun yang kita miliki suatu saat akan pergi. Kita tidak berkuasa mencegahnya. Tidak seorangpun. Yang ada adalah cara untuk bertahan jika hal yang kita sayangi itu pergi untuk selama-lamanya dan siap menghadapinya.

Ada 12 cara mengatasi kesedihan diantaranya :

1. Berilah ruang bagi diri untuk bersantai
2. berusaha melepas kesedihan kepada sahabat.
3. Katakan "Selamat tinggal" dalam surat perpisahan ketika kita sudah siap dan menganggap tindakan ini membawa perbaikan untuk diri.
4. Kenanglah dengan mengingat sesuatu yang baik tentang dirinya.
5. Biarkanlah air mata mengalir ketika emosi mulai muncul untuk memberikan kelegaan.
6. Pergilah keluar.
7. Carilah dukungan.
8. Ampunilah diri sendiri dan orang lain.
9. Carilah pelarian seperti nonton, melakukan hobi baru, banyak tidur siang dan melalukan perjalanan.
10.Berdoa dan baca kitab suci.
11. Singkirkan pikiran negatif.
12. Berolah raga.

Nobody likes goodbyes. But that’s life. A series of hellos and goodbyes. ... we should learning to move with the changes that are heading our way, like them or not; and finding the courage to become what we need to become.

No comments: