Monday, June 23, 2008

Po Akhirnya Menang

Oleh : Giacinta Hanna



http://www.allmoviephoto.com/photo/2008_kung_fu_panda_wallpaper_001.html

Po, tokoh utama dalam film layar lebar berjudul Kung Fu Panda adalah anak dari seorang penjual mie turun temurun. Ayahnya menginginkan dia meneruskan keturunan dengan tetap menjual mie. Setiap pagi dia pasti bertanya,

"Po, mimpi apa kamu semalam?"

Dengan ragu Po menjawab,

"Ehm,.......ehm....mimpi..... ah ya...........mimpi mie, ya mie!"

Padahal ada yang dia sembunyikan. Sebenarnya dia mimpi menjadi seorang jago kung fu. Hobinya mengumpulkan gambar-gambar tokoh-tokoh Ku Fu. Yang diingat sepanjang hari juga ketika membuat mie untuk para pelanggannya adalah gerakan-gerakan kung fu.

Memang film ini ditujukan untuk semua umur dan ide cerita tidak jauh dari cerita kung fu klasik era Bruce Lee. Namun pesan yang terkandung didalamnya sangat berarti. Ketika Po merasa ragu akan kemampuan diri dan minder melihat lawan lebih tangguh, Po dinasehati agar tetap yakin dan percaya akan potensi yang ada.

Keahlian dicapai bukan karena seseorang memiliki sesuatu yang khusus melebihi yang lain namun semua dicapai karena rasa percaya diri. Kemarin adalah kenangan, esok adalah impian dan hari ini adalah anugerah. Jadi lakukanlah apa yang bisa dilakukan hari ini.

Po mampu mengatasi konflik batin. Rasa percaya dirinya timbul. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada, dikerjakanlah apa yang sanggup dia kerjakan. Dia sangat surprise ketika melihat diri sendiri mampu mengalahkan lawan yang super hebat kung funya. Po sangat berterima kasih kepada ayah dan gurunya akan nasehat itu.

No comments: