Wednesday, August 5, 2009

Hijaukan Lingkunganku Lestarikan Keanekaragaman Hayati

Oleh : Giacinta Hanna

Pernahkah kamu bermimpi hidup di tengah kota, dengan lahan terbatas namun berada diantara suburnya tanaman buah-buahan, indahnya bunga-bunga bermekaran dan kicauan burung yang acap kali membangunkan tidurmu di pagi hari?

Pernahkah terlintas juga keinginan utuk hidup jauh dari debu dan asap kendaraan bermotor?

Lihatlah disekitarmu. Amatilah di depan rumah, jalan-jalan yang dilalui bahkan rumah-rumah teman yang kamu kunjungi. Adakah lahan tidur? Suatu lahan yang dibiarkan terbuka tanpa ada sesuatu yang tumbuh diatasnya. Banyakkah tanah-tanah kosong yang berubah fungsi menjadi tempat jualan, tempat menjemur pakaian bahkan menjadi tempat membuang sampah?

Lahan kosong pinggir kali, tanah kosong sisa perumahan, bundaran di tengah jalan yang dibiarkan ditumbuhi rumput liar, dan lain-lain.

Adakah keinginan menyumbangkan satu pohon tahunan untuk membuatnya rindang? Bisakah kamu bayangkan jika satu orang menyumbang satu pohon akan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental?

Bayangkanlah jika satu RT yang memiliki 50 KK, maka akan tersedia 50 pohon siap tanam. Jika seluruh KK menyumbangkan satu pohon, maka dalam waktu sekitar satu tahun, lingkungan sekitar kita akan kembali hijau, akan kembali lestari.

Lihatlah kembali disekitarmu. Adakah tanaman yang sudah tumbuh namun dibiarkan begitu saja tanpa diperhatikan? Adakah keinginan untuk merawatnya? Adakah keinginan untuk sekedar memberikan perhatian dan kasih sayang? Menyirami, menyiangi tumbuhan liar, menanam tanaman baru jika ada yang mati bahkan memberinya pupuk dan pestisida.

Merupakan suatu usaha yang sia-sia jika pekerjaan ini hanya dilakukan segelitir orang. Kami tidak mampu mengawasi tanaman-tanaman itu agar tetap indah dan subur jika tanpa dukungan semua pihak. Lambat laun tanaman-tanaman yang sudah susah payah ditanam disepanjang jalan akan mati.

Tergerakkah hatimu untuk melakukannya mulai dari sekarang?

No comments: