Wednesday, May 7, 2008

Bahasa Kasih Mempersatukan Perbedaan
Sapaan seperti “Wah, potongan rambutmu bagus !”, “Terima kasih, sayang”, dan lain-lain yang mengandung nada positif membuat kita merasa dicintai dan disayangi oleh orang terdekat ataupun oleh teman-teman kita.

Selain sapaan, dari tindakan sehari-hari juga bisa mencerminkan hal ini seperti membantu pekerjaan istri di rumah, mendengarkan dengan penuh perhatian ketika pasangan kita 'curhat', membelai lembut rambut anak-anak dan lain sebagainya
.

Semua ini adalah bahasa kasih. Meskipun hanya sebaris kalimat namun memiliki kekuatan yang mampu memberikan motivasi untuk berbuat lebih. Selain itu juga dapat memberikan rasa percaya diri bahwa dalam hidup kita dibutuhkan. Dan membuat perasaan kita tentram.

Gary Chapman dalam salah satu bukunya pernah mengatakan bahwa untuk berkomunikasi dengan orang yang kita cintai, ada 5 bahasa kasih yang bisa kita gunakan sesuai dengan keinginan dari orang tersebut. Kelima bahasa kasih tersebut adalah kata-kata, sentuhan, pemberian, waktu dan pelayanan.

Dengan sering menggunakan bahasa kasih, dapat mempersatukan perbedaan sikap dan perilaku sehari-hari dalam berhubungan dengan sesama yang akhirnya memuliakan namaNya.

No comments: