Tuesday, May 27, 2008

Kita Pasti Mampu Beradaptasi

Oleh : Giacinta Hanna

Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup 1)

Mengeluh tehadap suatu kondisi yang tidak menguntungkan sering kita dengar akhir-akhir ini. Contohnya , sudah berlaku hemat namun uang hanya cukup sampai tanggal 10, naik angkot semakin mahal, sembako juga naik, daftar ulang anak-anak di sekolah mahal dan lain-lain.

Ya, memang kita hidup dalam saat-saat sulit dan perlu penghematan di segala bidang. Namun keluh-kesah tidak akan menyelesaikan masalah bahkan menimbulkan masalah baru yaitu rasa pesimis yang akhirnya berniat mengakhiri hidup.

Ditengah tututan hidup yang semakin sulit dengan kenaikan harga BBM sebesar 30 % beberapa hari yang lalu, sebenarnya manusia memiliki potensi alami untuk beradaptasi. Beradaptasi dalam berbagai hal seperti mempertahankan hidup, merespon positif dengan perubahan yang terjadi disekitarnya dan mengatasi kondisi yang ada.

Adaptasi bisa dimulai dengan kembali bercermin kepada diri sendiri dan mulai memahami mengenai prinsip dasar kehidupan. Dalam suatu milis, ditulis bahwa prinsip dasar kehidupan yaitu

1. Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari

2.Kejujuran dan integritas

3.Bertanggung jawab

4.Hormat pada aturan & hukum masyarakat

5.Hormat pada hak orang/warga lain

6.Cinta pada pekerjaan

7.Berusaha keras untuk menabung & investasi

8.Mau bekerja keras

9.Tepat waktu 2)

Adaptasi akan berhasil jika kita mau merubah perilaku kita dan ada kemauan yang keras untuk itu.

Jika diri kita sudah berubah maka kondisi ini tidak akan melunturkan semangat untuk mempertahankan hidup bahkan bisa menjadi pemacu agar "survive" sepanjang hidup sampai Tuhan memanggil.

___________________

Daftar Pustaka :

1)http://id.wikipedia.org/wiki/Adaptasi

2) http://www.mail-archive.com/alumnifisipunpar@yahoogroups.com/msg01163.html

No comments: