Monday, May 12, 2008

Fokus Pada Tujuan Bukan Pada Masalah

Oleh : Giacinta Hanna

"Apa engga salah dengar nih. Kamu mau buka usaha catering? emangnya kamu bisa masak?" ujar teman Rini sedikit mengejek.

Penilaian orang lain terhadap diri kita seringkali membuat "down" dan batal mengejar impian kita.

Setiap orang memiliki impian dalam hidupnya seperti menjadi penyanyi terkenal, pengusaha sukses, penulis terkenal atau apunpun itu. Impian ini yang memberikan semangat hidup. Namun seringkali pemasalahan-permalahan datang menghadang yang membuat kita patah semangat.

Permasalahan pasti ada namun yang penting adalah bagaimana cara kita menghadapinya. Jika kita menghadapinya dengan pikiran negatif, membuat kita lupa dengan tujuan. Hasilnya akan lain jika kita berpikir positif dan tetap fokus pada tujuan.

Impian kita besar dan kita harus berusaha untuk mencapainya dengan kesungguhan hati. Rasa ini akan memberikan kepercayaan diri dan akhirnya mendapat kepercayaan dari orang lain. Bagaimana mungkin orang lain percaya kepada kita jika kita sendiri tidak percaya pada diri sendiri.

Jika rasa ini sudah ada, maka bangkitlah dari tidur dan mulai melakukan sesuatu. Mulai hari ini, berdirilah tegap, berjalanlah cepat, hubungi dan temuilah banyak orang dengan penuh semangat. Langkah pertama ini bagian terpenting dari sebuah perjalanan. Tanpa langkah pertama, tidak akan ada perjalanan yang bisa terjadi.

Kemudian berketetapanlah dalam pelaksanaannya karena kekuatan yang sesungguhnya tidak datang dari yang kita miliki, melainkan datang dari yang kita lakukan. Dan karena kita tidak mungkin berhasil hanya dengan menggunakan kekuatan kita sendiri, maka kita dianjurkan mendapatkan dukungan dan bantuan dari orang lain.

Jangan lagi menunda untuk memperkenalkan diri kita kepada lebih banyak orang. Keberhasilan kita datang terutama dari mereka yang mengenal kita, bukan dari yang kita kenal. Mereka yang kita kenal, tetapi tidak mengenal kita dan kualitas-kualitas kita, tidak akan mampu membantu banyak.

Ada beberapa kutipan dari seorang konsultan bisnis yang patut dihayati :
  • Kita tidak boleh bernegosiasi dengan impian kita
  • Ber-negosiasi-lah dengan apa yang harus kita lakukan untuk mencapainya
  • Tanpa memimpikan keadaan yang lebih baik di masa depan, kita akan kehilangan ketertarikan untuk hidup sepenuhnya.

Semoga bermanfaat!

1 comment:

tantanh said...

Always on word, never retreat.

your friend : Tantan HW
http://1stentrepreneurs.com